• Breaking News

    PengetahuanSaya

    https://amirakostader.blogspot.co.id/

    Jumat, 20 Mei 2016

    ENERGI TERBARUKAN RI BARU TERMANFAATKAN 1%

    Indonesia ternyata memiliki potensi energi terbarukan (renewable energi) yang sangat besar. Berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), total potensi energi terbarukan Indonesia mencapai 801,2 Giga Watt (GW) atau 801.200 Mega Watt (MW). Ini adalah potensi yang sangat luar biasa dan lebih dari cukup untuk dimanfaatkan oleh seluruh bangsa Indonesia.


    Gambar : Potensi Geothermal Indonesia
    Sumber : esdm.go.id, diakses 2016.

    Tapi, dari potensi yang luar biasa ini, yang baru dimanfaatkan sebanyak 8,66 GW atau sekitar 1% saja. "Pemanfaatan energi terbarukan baru 1% dari potensi 801,2 GW atau sekitar 8,66 GW artinya hampir utuh karena nggak dipakai," ujar Direktur Jenderal EBTKE, Rida Mulyana, dalam Sarasehan Media, di Hotel Neo Plus Green Savana, Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/5/2016).

    Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki potensi energi terbarukan energi laut yang tercatat mencapai 18 GW. Dari potensi ini baru dimanfaatkan sebesar 0,3 MW atau sekitar 0,002 persen. Dari segi negara beriklim tropis dan dilewati garis katulistiwa potensi energi terbarukan seperti air, angin, surya, dan bioenergi juga sangat besar. Tenaga air saja tercatat 75 GW,sementara yang termanfaatkan baru 5,02 GW atau sekitar 7 persen. Tenaga angin sebesar 113,5 GW dan baru dimanfaatkan sebesar 6,5 MW atau 0,01 persen. 
    Sumber : esdm.go.id, diakses 2016.

    Tenaga Surya yang digadang-gadang dunia sebagai energi terbarukan terbaik di Indonesia tercatat potensinya 532,5 GWp, dan baru dimanfaatkan 0,08 GWp. Berikutnya bioenergi, sebagai negara yang subur potensi Indonesia tercatat 32,6 GW dan baru dimanfaatkan 1,74 GW atau sekitar 5,3 persen.

    Lokasi geografis Indonesia yang unik, yaitu berada pada “Ring of Fire” menjadikan negara ini memiliki potensi panas bumi yang terbesar di dunia yaitu 40% dari potensi dunia. Indonesia terletak di lempengan tektonik bumi yang sangat aktif, yaitu di antara lempeng tektonik Indo-Australia, Pasifik, Filipina, dan Eurasia. Sistem panas bumi di Indonesia umumnya merupakan sistem hidrotermal yang mempunyai suhu tinggi, yaitu lebih dari 225°C. Hanya beberapa di antara sumber panas bumi yang mempunyai suhu sedang, yaitu 150-225°C. Sistem panas bumi bersuhu tinggi dan sedang ini sangat potensial bila digunakan sebagai sumber energi pembangkit listrik. Potensi panas bumi di Indonesia mencapai sekitar 29,5GW dan baru dimanfaatkan 1,44 GW atau sekitar 5%.

    ahmad senoadi
    Sumber :
    • Rinaldy Dalini,
    • http://finance.detik.com/read/2016/05/20/171721/3214518/1034/ri-punya-potensi-energi-terbarukan-8012-gw-baru-dimanfaatkan-1?f9911023, diakses 2016.
    • esdm.go.id, diakses 2016.






























    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    https://www.youtube.com/channel/UCA9dMS5K-UT0OxCA1LhuUzQ

    https://blogpanduanmicrosoft.blogspot.com/

    https://www.youtube.com/channel/UCA9dMS5K-UT0OxCA1LhuUzQ