• Breaking News

    PengetahuanSaya

    https://amirakostader.blogspot.co.id/

    Minggu, 21 Februari 2016

    BPPT Uji Riset Di PLTP Pertamina Kamojang

    BPPT uji coba PLTP di Pertamina Kamojang

    Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sebagai wakil dari Pemerintah Indonesia melakukan uji riset di wilayah kerja Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) milik PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) di Kamojang. BPPT membangun PLTP mini berkapasitas 3 Mega Watt (MW) dengan teknologi siklus biner asal Jerman. Teknologi ini diklaim dapat menghasilkan tambahan daya listrik hingga 500 Kilo Watt (Kw).

    General Manager PGE Unit Kamojang, Wawan Darmawan mengatakan, "Nanti akan ada semacam titik serah di salah satu tempat seperti yang kami lakukan dengan pihak PT Indonesia Power (anak usaha PLN). Bedanya, kami tidak menjual uap. Ini sebagai satu studi penerapan teknologi pemanfaat panas bumi untuk pembangkit skala kecil."

    Uji rise ini merupakan bentuk kerja sama antara PGE dan BPPT. PGE Kamojang sebagai pemilik uap dari lapangan Kamojang akan memasok uap ke pembangkit yang sedang dibangun BPPT. Nantinya, PLTP mini ini akan dikelola oleh BPPT. Wawan menjelaskan, pasokan uap untuk pembangkit berasal dari sumur panas bumi yang dikelola PGE di Kamojang, Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Uap pasokan bukan uap yang terbuang karena PGE menyediakan pasokan uap demi mendukung program BPPT dalam penelitian energi listrik terbarukan. "Karena kapasitasnya masih terbatas dan masih terus dilakukan uji coba, belum ada pembicaraan dengan penjualan listriknya," paparnya.

    Sebagai pelaksana, BPPT mendesain rancang bangun pembangkit. Kemudian, BPPT melakukan pemesanan pembuatan komponen kepada oleh PT Nusantara Turbin & Propulsi (NIP), PT Barata Indonesia, dan PT Pindad.  Lapangan panas bumi Kamojang dikelola PGE (anak usaha PT Pertamina (Persero) sejak 1983. PLTP Kamojang merupakan yang terbaik di dunia karena uap yang dihasilkan sangat kering (very dry) dan kelembabannya sangat rendah. Kondisi uap yang sangat kering dan kelembaban rendah memungkinkan uap untuk langsung masuk ke turbin tanpa proses kimia terlebih dahulu (chemical treatment). Pada PLTP lain, untuk mendapatkan uap berkualitas bagus proses chemical tretment dilakukan.

    PGE Unit Kamojang saat ini memiliki dua unit 5 PLTP, 2 diantaranya  dikelola secara mandiri. Unit 4 sebesar 60 MW dan unit 5 sebsar 35 MW adalah unit yang dikelola secara mandiri. Sementara, Unit 1, 2, dan 3 dikelola PT Indonesia Power dengan kapasitas 140 MW. Total kapasita PLTP di Kamojang tercatat 235 MW.

    ahmad senoadi

    Sumber :
    • http://finance.detik.com/read/2016/02/21/152013/3147216/1034/bppt-gandeng-pertamina-kembangkan-pembangkit-geothermal-mini?f9911023, diakses 2016.
    • http://pge.pertamina.com/galery-photo.aspx, diakses 2016


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    https://www.youtube.com/channel/UCA9dMS5K-UT0OxCA1LhuUzQ

    https://blogpanduanmicrosoft.blogspot.com/

    https://www.youtube.com/channel/UCA9dMS5K-UT0OxCA1LhuUzQ