• Breaking News

    PengetahuanSaya

    https://amirakostader.blogspot.co.id/

    Senin, 13 Juni 2016

    INALUM JADI HOLDING TAMBANG BUMN

    Inalum ditunjuk sebagai perusahaan induk holding BUMN Tambang

    Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan memproses pembentukan perusahaan induk (Holding) pertambangan. Proses pembentukan akan dilakukan setelah proses pembentukan holding energi selesai dilakukan atau PT Pertamina Persero selesai mengakuisisi PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). Kepastian ini dinyatakan oleh Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno seperti yang diberitakan Detik.

    Persetujuan pembentukan holdingBUMN Tambang masih terus dikebut. Terakhir, kementerian terkait masih membahas Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) sebagai landasan hukum sebelum disahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Holding tambang sekarang itu rencananya istilahnya itu PAK (Pembahasan Antar Kementerian), jadi waktu pembahasan RPPnya setelah itu ke Presiden," kata  Fajar Harry Sampurno di Gedung Peruri.

    Landasan hukum tersebut ditargetkan selesai tidak lama lagi. Ia menargetkan holding BUMN sektor tambang bisa terbentuk 1 bulan setelah lahirnya holding BUMN energi atau usai Pertamina mengambil alih PGN. "Secepatnya lah, kata bu menteri (Rini Soemarno) kan Pertamina sebelum Lebaran mungkin kita yang tambang sebulan sesudahnya lah, abis Lebaran. Tanggalnya belum tahu, tergantung Pak Presiden," ungkap Fajar.

    Dari data yang diperoleh detikFinance, Kementerian BUMN akan menunjuk PT Inalum (Persero) sebagai induk. Inalum dipilih sebagai champion atau induk karena 100% sahamnya masih dikuasai negara. Meski menjadi induk, nama holding BUMN Tambang tidak otomatis langsung bernama Inalum. Kementerian BUMN masih belum memutuskan nama baru, Holding New Company (Indonesia Resources Company). Di dalam holding baru ini, terdapat PT Aneka Tambang Tbk (Antam), PT Timah Tbk (TINS), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), dan PT Freeport Indonesia sebagai anak usaha.

    Khusus Freeport, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian BUMN saat ini menguasai 9,36% saham perusahaan tambang emas asal Amerika Serikat yang beroperasi di Papua itu. Selain itu, Kementerian BUMN juga tertarik menambah komposisi saham di Freeport yang rencananya melakukan divestasi atau menawarkan sahamnya sebanyak 10,64% sebelum 2019. Fajar mengaku proses divestasi Freeport Indonesia saat ini masih berada di Kementerian ESDM. Kementerian BUMN saat ini dalam posisi siap bila ditugaskan membeli 10,64% saham Freeport Indonesia. "Kan sekarang masih di Kementerian ESDM. Kalau sudah ada keputusan, harus beli dan lain-lain, kita sudah siapin semuanya. Kalau dari BUMN, kata Bu Rini siap. Kita tunggu dari ESDM," ujarnya.

    Sumber :
    www.detik.com

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    https://www.youtube.com/channel/UCA9dMS5K-UT0OxCA1LhuUzQ

    https://blogpanduanmicrosoft.blogspot.com/

    https://www.youtube.com/channel/UCA9dMS5K-UT0OxCA1LhuUzQ