• Breaking News

    PengetahuanSaya

    https://amirakostader.blogspot.co.id/

    Rabu, 08 Juni 2016

    AUSTRALIA BANGUN PROYEK PERCONTOHAN PLTS KHUSUS UNTUK PRODUKSI EMAS


    Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) off grid atau diluar jaringan listrik nasional Australia telah berhasil diselesaikan di tambang tembaga-emas DeGrussa. PLTS di daerah terpencil di Australia Barat ini menandai kekokohan industri tambang di Australia.

    Proyek PLTS DeGrussa memiliki total daya 6 MW dengan lebih dari 34.000 panel surya photovoltaic (PV) dan dilengkapi baterai Lithium berkapasitas 1,8 MWh. Arena (Badan Energi Terbarukan Australia) mendukung proyek ini dengan memberikan dana hibah sebesar USD20,9 juta dari total kebutuhan investasi sebesar USD40 juta. Dana hibah akan dibayar dengan pendapatan PLTS jika PLTS bisa beroperasi lebih dari 6 tahun.

    CEO Arena Ivor Frischknecht mengatakan suksesnya komisioning PLTS DeGrussa menandai titik balik bagi penggunaan energi terbarukan untuk mendukung kebutuhan listrik di industri pertambangan. "Ini adalah contoh yang jelas dari kehandalan energi terbarukan sebagai penyedia energi substansial, hasilnya dapat menjadi andalan kebutuhan listrik untuk salah satu industri terbesar di Australia," kata Mr Frischknecht.

    "Proyek ini merupakan serangkaian pengalaman pertama. Ini adalah proyek sistem PV surya off-grid terbesar di dunia dan merupakan PLTS yang didedikasikan untuk operasional pertambangan terbesar di dunia. Proyek ini dikerjakan dalam 10 bulan meskipun dibangun di wilayah terpencil Australia," paparnya.

    Listrik hasil PLTS akan melengkapi pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) berkapasitas 19 MW. Dengan adanya PLTS ini, Tambang DeGrussa bisa menghemat penggunaan solar hingga 5 juta liter atau setara 20% dari total kebutuhan BBM. Sandfire Resourches sebagai pemilik tambang DeGrussa akan mendapat manfaat dari penghematan BBM untuk kebutuhan listriknya.


    Banyak perusahaan tambang Australia lainnya yang terus mengamati perkembangan Proyek PLTS DeGrussa. Mereka sedang mempertimbangkan melakukan hal serupa untuk tambang-tambang mereka. "Kami akan membagikan pengalaman dari Proyek PLTS DeGrussa untuk perusahaan tambang lain yang berminat," ujarnya.

    Sumber : arena.gov.a, diakses 2016.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    https://www.youtube.com/channel/UCA9dMS5K-UT0OxCA1LhuUzQ

    https://blogpanduanmicrosoft.blogspot.com/

    https://www.youtube.com/channel/UCA9dMS5K-UT0OxCA1LhuUzQ